Film tema kuliner yang cocok untuk menemani buka puasa

1. Lunchbox


Sinopsis film lunchbox
Saajan (Irrfan Khan) seorang duda yang akan pensiun dari jabatannya sebagai seorang akuntan. Ila (Nimrat Kaur) seorang istri muda yang mencari perhatian suaminya dan mencari cara mengembalikan asmara dalam hubungan mereka salah satunya dengan memasak makanan untuknya.
Melalui campuran tangan dari "dabbawalas" (sistem yang mengambil makanan dan mengantarkan makan siang dari restauran atau rumah untuk dibawakan kepada orang-orang yang bekerja) kotak makan siang disiapkan Ila bagi suaminya ternyata dikirim ke Saajan.

Ila akhirnya menyadari kesalahannya dan dengan saran tetangganya tinggal di apartemen di atasnya menulis sebuah surat kepada Saajan mengenai makanan tersebut dan meletakkannya di kotak makan siang keesokan harinya. Pertukaran pesan yang dikirim terus bergulir hari demi hari dengan makan siang yang membuat pertemanan di antara mereka.
Saat keduanya berbagi kenangan dan kejadian mengenai kehidupan mereka masing-masing. Di tempat kerja, Saajan ditugaskan untuk melatih pengganti posisinya yaitu Shaikh (Nawazuddin Siddiqui) anak yatim yang awalnya tidak kompeten dan mengganggu Saajan.

Setelah menerima kotak makan kosong pada hari berikutnya Saajan menulis kembali dan meminta maaf mejelaskan bahwa dia telah tiba dan melihatnya dari kejauhan namun tidak berani mendekatinya. Saajan menjelaskan betapa muda dan cantiknya Ila saat dia memandang sambil menduga dia terlalu tua untuknya dan menasehatinya untuk terus maju.
Beberapa waktu kemudian ayah Ila yang sedang berjuang melawan kanker paru-paru yang diderita meninggal setelah ibunya (Lilette Dubey) mengaku betapa tidak senangnya pernikahannya Ila memutuskan mencari Saajan namun kemudian bertemu Syeikh yang mengatakan Saajan telah pensiun dan menuju ke Nasik.

Saajan menulis pesan perpisahan terakhir kepada Saajan yang menjelaskan bahwa dia telah memutuskan untuk meninggalkan suaminya dan pindah ke Bhutan bersama putrinya. Sementara Saajan mengubah pikirannya dalam perjalanan ke Nasik kembali ke Mumbai dan pergi mencari Ila.

Download the lunchbox (295 mb)

2. Today's Special


Sinopsis film Today's Special
Film komedi keluarga yang sangat menarik. Samir (Aasif Mandvi), seorang asisten chef di restoran terkenal di New York, terpaksa mengambil alih restoran India karena sang ayah jatuh sakit. Restoran itu nyaris bangkrut karena sepi pengunjung. Untung Samir terbantu dengan adanya supir taksi yang pernah jadi juru masak di India, Akbar.

Film ini masih sempat-sempatnya mengolok kuliner Inggris, negara yang pernah menjajah India selama seratusan tahun. “Coba bayangkan kalau Perancis yang menjajah India. Kebudayaan kuliner Perancis yang mewah, bersanding dengan kebudayaan kuliner India yang luhur. Tapi malahan kita dijajah oleh Inggris, yang pencapaian kuliner tertingginya selama 2000 tahun hanya fish and chips.” Ha!

Download today's special  (345 mb)

3. Julie and Julia


Sinopsis film Julie and Julia
Pada tahun 2002, Julie Powell (Amy Adams), seorang pekerja call center yang merasa pekerjaanya tidak berharga dan membosankan karena harus mendengar komplain dari banyak orang setiap harinya, memiliki obsesi khusus pada Julia Child (Meryl Streep), penulis buku “Mastering the Art of French Cooking”. Di sisi lain pada 1949, Julia Child pindah ke Paris untuk mengikuti suaminya, Paul Child (Stanley Tucci) yang merupakan seorang diplomat. Julia mengikuti kelas di Le Cordon Bleu untuk belajar memasak makanan Perancis.

Karena merasa teman-temannya lebih berhasil darinya, Julie di tahun 2002 memutuskan untuk melakukan hobi serta mengikuti obsesinya dengan memasak 524 resep yang ada pada buku “Julia Child” dalam waktu 1 tahun, dan menulisnya dalam sebuah blog atas usulan dari suaminya Eric (Chris Mesina). Kembali ke tahun 1949, Julia Child yang tidak berhasil dalam kelas mengajar miliknya, memutuskan untuk menulis buku yang berisi resep masakan Perancis dalam cetakan Bahasa Inggris bersama kedua teman Perancis-nya.

Download film julie and julia (410mb)


4. The hundred foot of journey


Hassan Kadam  adalah seorang pria keturunan India yang sangat gemar memasak. Hal itu ia dapatkan dari  Kadam, ayahnya yang membuka usaha restoran keluarga dirumahnya. Dengan dibantu istri dan keempat anaknya, ayahnya cukup berhasil membangun usaha restoran tersebut.

Suatu hari, keadaan politik di India memanas. Terjadi konflik dimana-mana hingga menyebabkan restoran milik Papa Kadam kena sasaran serangan para demonstran. Api dengan sekejap menghanguskan restoran sekaligus tempat tinggal Papa Kadam. Tak hanya itu, istri Papa Kadam pun tak bisa selamat dari insiden kebakaran tersebut.

Ditengah situasi yang semakin tak kondusif, Papa Kadam mengajak keempat anaknya memutuskan untuk merantau ke benua Eropa untuk membangun kembali usaha restoran mereka.

Beberapa hari kemudian Papa Kadam pun berinisiatif membuka restoran india nya diwilayah St. Antonio. Ia sangat yakin bahwa restoran india nya akan banyak yang menyukainya meskipun harus bersaing dengan restoran eropa milik Madame Mallory yang sudah lebih lama beroperasi dan bahkan mempunyai predikat bintang satu (Michelle Star) dari para kritikus restoran di Eropa.

Ambisi Papa Kadam untuk membuat usaha restoran pun terdengar oleh Madame Mallory. Mereka beradu strategi untuk mendapatkan banyak pengunjung. Cara-cara tak sportif pun mereka lakukan demi mengejar banyak pengunjung. Hassan Kadam pun tak tinggal diam. Ia berusaha mengarahkan ayahnya untuk tidak melakukan hal-hal tak sportif. Hassan lebih berinisiatif untuk terus melakukan inovasi dalam masakan india nya. Ia terus bereksperimen memadukan antara masakan india dengan eropa.

Keberhasilan Hassan Kadam dalam berinovasi pun mendapat perhatian dari Madame Mallory. Ia tertarik untuk merekrut Hassan menjadi salah satu chef direstorannya. Madame Mallory menjanjikan karier yang cemerlang jika bisa membantu restoran eropa nya mendapatkan bintang dua dari kritikus restoran di Eropa.

Akankah Hassan bergabung dengan restoran Madame Mallory? Bagaimanakah nasib restoran india milik keluarga Kadam di daratan Eropa jika ditinggal oleh Hassan?

Download The hundred foot of journey (360 mb)

5. Dad's Lunchbox


Sinopsis film Dad's Lunchbox
Ini adalah kisah nyata menghangatkan hati ayah dan anak yang terhubung dengan bento, orang Jepang itu mengemasi makan siang di dalam sebuah kotak. Selama tiga tahun di SMA, gadis muda itu akan makan bento yang dibuat untuknya setiap hari oleh ayahnya. Pada hari terakhirnya dia menemukan bahwa kotak makan siangnya berisi foto bento pertama yang dibuat ayahnya untuknya dengan sebuah pesan tulisan tangan darinya. 

Gadis tersebut tweeted kejadiannya, membuat 350.000 orang menangis di Twitter. Pesan itu retweeted lebih dari 80.000 kali dan mendapat 260.000 'suka'.

Download film Dad's Lunchbox

0 Comments